Halaman

daun

Rabu, 24 Oktober 2012

manfaat Vitamin A untuk kesehatan


Jenis vitamin yang larut dalam lemak salah satunya adalah vitamin A. Vitamin A bisa didapatkan dari sumber makanan hewan maupun jenis tanaman atau sering di sebut juga sebagai sumber makanan nabati (karoten).  makanan yang mengandung karoten biasanya terdapat dalam jenis sayuran yang berwarna hijau gelap dan merah, atau buah yang berwarna kuning seperti jeruk. Vitamin A mempunyai peranan yang sangat penting sekali untuk kesehatan tubuh manusia terutama salah satunya adalah untuk fungsi penglihatan.
Vitamin A biasanya disebut juga sebagai Retinol yang berfungsi sebagai bentuk penyimpanan vitamin pada hewan. Retinol ini adalah konversi bentuk lain dari vitamin A yang mempunyai berbagai fungsi untuk perkembangan organ-organ vital di dalam tubuh manusia.

Beberapa manfaat Vitamin A sebagai berikut ini :

  1. Mempertahankan fungsi penglihatan. Vitamin A dapat digunakan untuk fungsi akomodasi atau penyesuaian mata terhadap perubahan cahaya yang terjadi.
  2. Membantu melawan radikal bebas. Vitamin A mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan bahkan bisa memberantas radikal bebas itu sendiri. Kemampuan vitamin A dalam melawan radikal bebas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.
  3. Membantu pembentukan sel-sel yang menutupi tubuh manusia. Vitamin A dapat membantu dalam pembentukan sel-sel epitel yang membentuk selubung luar permukaan internal dan eksternal tubuh manusia. Sel-sel epitel ini menutupi organ-organ seperti paru-paru, hidung, organ seks, kornea dan kulit.
  4. Meningkatkan fungsi penglihatan yang kabur. Vitamin A mengambil bagian dalam pembentukan bahan kimia yang di sebut sebagai ungu visual di mata. Bahan kimia ini membantu meningkatkan penglihatan yang kabur, dan bahan kimia ini juga dapat mencegah kekeringan pada mata yang dapat mengakibatkan terjadinya ulkus di kornea mata apabila mata mengalami kekeringan.
  5. Meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin A dapat meningkatkan perkembangan normal gigi dan jaringan tulang. Dengan asupan vitamin A yang tepat di dalam tubuh dapat membantu pertumbuhan tulang yang sehat dan kuat.
  6. Membantu melawan penyakit. Vitamin A merupakan komponen dari sistem kekebalan tubuh manusia sehingga dapat melawan penyakit yang menyebabkan patogen.
Sumber makanan dari hewan yang mengandung Vitamin A seperti berikut ini :
  • Telur
  • Daging
  • Hati
  • Produk susu
Sumber makanan dari tumbuh-tumbuhan yang mengandung Vitamin  A seperti berikut ini :
  • Tomat
  • Ketimun
  • Buah-buahan segar seperti anggur dan blewah
  • Jenis-jenis sayuran yang berwarna gelap dan merah seperti bayam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar